Inilah Penjelasan Tentang Arti Wibu dan Ciri-Cirinya

Inilah Penjelasan Tentang Arti Wibu dan Ciri-CirinyaBelakangan ini muncul banyak sekali istilah-istilah baru di media sosial. Salah satu yang cukup populer adalah wibu. Lalu, apa sebenarnya arti wibu? Secara umum, kata tersebut merupakan istilah untuk seseorang yang tergila-gila dengan anime atau kartun Jepang. Hal tersebut biasanya diakibatkan karena terlalu sering menonton anime sehingga terlalu terbawa ke dalamnya.

Asal Mula Istilah Wibu

Istilah wibu sebenarnya berasal dari kata bahasa Inggris, yaitu weeaboo, yakni sebutan untuk seseorang yang terobsesi pada budaya Jepang. Artinya, tidak hanya kartun Jepang saja pada konteks tersebut. Akan tetapi, semakin lama istilah tersebut lebih melekat pada seseorang ketika terlalu terobsesi pada anime.

Pada dasarnya apabila seseorang sering mempublikasikan atau menerapkan berbagai macam barang-barang khas jepang, ia sudah bisa disebut sebagai wibu. Anggapan negatif mulai muncul karena orang-orang seperti itu dinilai tidak peduli dengan kebudayaan negara sendiri serta mayoritas lebih suka menyendiri atau anti sosial.

Ciri-Ciri Seseorang Disebut Wibu

Dari penjelasan di atas, sudah bisa dilihat bahwa ciri-ciri paling umum terjadi adalah terobsesi akan budaya Jepang secara berlebihan. Di sisi lain, mereka menganggap bahwa budaya negeri matahari terbit itu lebih unggul dibandingkan negara lainnya. Biasanya ciri-ciri ini dapat dilihat dari beberapa kriteria berikut.

  1. Akun media sosial

Hal paling tampak yang menandakan sifat itu adalah dari akun media sosial. Kebanyakan mereka akan menggunakan foto profil berupa tokoh anime serta nama dengan aksen Jepang. Bahkan, tidak sedikit juga penulisan nama tersebut menggunakan huruf kanji.

  1. Memiliki pacar khayalan

Ciri-ciri wibu memang cukup rupa-rupa dan mungkin akan terkesan cukup aneh bagi sebagian orang. Pasalnya, ada kasus di mana seseorang terlalu memiliki obsesi pada anime hingga mempunyai pacar khayalan. Pacar khayalan ini kerap disebut dengan istilah waifu (perempuan) ataupun husbando (laki-laki).

  1. Menirukan perilaku orang Jepang

Tanda-tanda berikutnya adalah sering menirukan beberapa perilaku orang Jepang seperti cara berjalan, sikap, perkataan, gaya hidup, dan sebagainya. Selain itu, mereka juga kerap menggunakan beberapa kata dalam bahasa tersebut ketika berbicara. Hal ini dikarenakan anggapan bahwa pencampuran bahasa dapat membuat seseorang menjadi lebih keren.

  1. Cenderung anti sosial

Ciri terakhir adalah cenderung anti sosial atau suka menyendiri. Meskipun tidak semua akan memilikinya, kebanyakan memang seperti itu. Hal tersebut dikarenakan biasanya mereka menghabiskan banyak waktu menikmati anime atau film-film Jepang hingga lupa berinteraksi dengan orang sekitar. Karakter inilah yang membuat beberapa orang agak sensitif ketika mendengar istilah wibu.

Jadi, itulah tadi penjelasan tentang arti wibu beserta beberapa cirinya. Sebenarnya tidak ada yang salah apabila mengagumi budaya negara lain. Akan tetapi, satu hal perlu diingat adalah sebagai warga negara baik, kita memiliki kewajiban untuk tetap melestarikan kebudayaan lokal.

Related Posts

Pentingnya Susu Untuk Pertumbuhan Tulang Pada Si Kecil!

Pentingnya Susu Untuk Pertumbuhan Tulang Pada Si Kecil!

Pertumbuhan terbaik pada tubuh manusia dimulai saat balita sampai ramaja. Bunda harus mengerti asupan nutrisi yang tepat dan tidak boleh dilewatkan pada saat masa pertumbuhan anak. Susu…